Senin, 23 Januari 2017

Tanda-Tanda Kista Ganglion yang Harus Anda Waspadai

Tanda-Tanda Kista Ganglion yang Harus Anda Waspadai ! mari kita simak informasi selengkapnya

Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Jenis Jenis Penyakit kista Yang Harus Anda Waspadai dan sekarang kita akan membahas mengenai Tanda Tanda kista ganglion yang harus anda waspadai.

Tanda-Tanda Kista Ganglion


Bila anda menderita benjolan di tubuh, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui jenis penyakit yang anda derita. Jangan di diamkan sebelum penyakit yang anda derita bertambah parah. Menurut para ahli medis, benjolan di tubuh ada 2 jenis, yaitu Lipoma dan Ganglion. Meski kedua jenis penyakit tersebut berbeda, namun memiliki kesamaan, yaitu tumor. Tumor merupakan kantung yang berisi cairan, daging, nanah, atau sel itu sendiri. Tumor dapat tumbuh di semua bagian tubuh yang memiliki kelainan.tidak hanya kista di rahim yang berbahaya tapi kista ganglion pun sama berbahaya dan harus segera mendapat penanganan dan di sini kami akan membahas mengenai kista Ganglion, apa itu ganglion, penyebab terjadinya ganglion, dan ciri ganglion yang harus anda waspadai.

Benjolan di tubuh sering disebut Lipoma dan Ganglion. Lipoma sering disebut tumor lemak, karena tumor tumbuh pada lapisan kulit. Sedangkan ganglion merupakan tumor yang tumbuh pada tulang. Kedua jenis benjolan di tubuh ini umumnya bersifat jinak dan mudah untuk dihilangkan.

Kista ganglion merupakan benjolan non kanker yang berisi cairan (kista) yang paling sering berkembang di sepanjang tendon atau sendi pada pergelangan tangan atau tangan. Kista ganglion juga dapat muncul di kaki. Kepadatan dari kista ganglion dapat bervariasi, mulai dari lunak seperti sponge hingga keras seperti bola karet. Kista ganglion bisa berbentuk tunggal atau merupakan kumpulan dari kista-kista kecil yang bersatu pada akarnya.
Kista ganglion dapat tejadi secara tiba-tiba atau terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu. Dalam banyak kasus, kista ganglion akan menyebabkan sakit dan tidak memerlukan pengobatan. Sekitar hampir 70%  orang mengalami penyakit kista ganglion ini kasus terjadi pada usia 20-40 tahun dan jarang terjadi pada anak usia dibawah 10 tahun. Lokasi tumbuh ganglion paling sering pada punggung tangan sekitar 60-70%, pada pergelangan tangan dan telapak tangan. Dan kista ganglion ini jarang terjadi pada jari, lutut, pergelangan kaki, dan kaki. Meskipun tidak menutup kemungkinan bisa saja kista ganglion tumbuh didaerah tersebut.

Penyebab Kista Ganglion
Hingga saat ini penyebab pasti dari kista ganglion belum diketahui. Para ilmuan memperkirakan kemungkina disebabkan oleh trauma minor yang tidak disadarai yang terjadi pada sendi. Selain itu, faktor karsinogenik juga ikut berperan dalam mendukung terjadinya ganglion.

Tanda-Tanda Kista Ganglion yang Harus Diwaspadai :

  • Muncul rasa gatal pada permukaan yang terkena kista ganglion
  • Terdapat benjolan yang timbul secara tiba-tiba atau secara perlahan-lahan pada daerah sendi
  • Ukuran kista ganglion rata-rata antara 1-3 cm
  • Ganglion dapat mengecil dengan sendirinya dan bahkan menghilang. Namun bila hilang akan tumbuh lagi
  • Berkonsistensi lunak dan tidak dapat bergerak bebas
  • Terasa nyeri apabila sendi di gerakan
  • Jika tumbuh mengenai tendon, maka jari yang tendonnya ditumbuhi ganglion akan dirasakan lemas

 Kista ganglion bisa timbul pada tempat tempat berikut ini: 
  • Pergelangan Tangan
    Punggung tangan, pada telapak tangan atau kadang pada daerah ibu jari. Kista ini berasal dari salah satu sendi pergelangan tangan, dan kadang diperberat oleh cedera pada pergelangan tangan.
  • Telapak Tangan Pada Dasar Jari-jari
    Kista ini berasal dari saluran yang menjaga tendon jari pada tempatnya, dan kadang terjadi akibatiritasi    pada tedon-tendonitis.
  • Bagian Belakang Tepi Sendi Jari Terletak Disebelah Dasar Kuku
    kista ini dapat menyebabkan lekukan pada kuku dan dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi sendi walaupun jarang. Hal ini biasanya disebabkan oleh arthritis atau radang sendi.
Meskipun Kista ganglion umumnya asimtomatik, gejala yang muncul dapat berupa keterbatasan gerak, parestesia dan kelemahan. Kista ganglion umumnya soliter, dan jarang berdiameter di atas 2 cm.

Diagnosis Kista ganglion
Diagnosa kista ganglion biasanya sudah bisa ditegakkan hanya dengan pemeriksaan fisik saja. Pada pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan melakukan penekanan lembut pada benjolan untuk mencari adanya rasa nyeri atau tidak nyaman.

Pengobatan Kista ganglion
Sebagian besar kista ganglion tidak akan menimbulkan gejala sehingga tidak memerlukan penanganan apapun. Namun jika gangglion kista di tubuh Anda sampai menimbulkan rasa sakit hingga mengganggu aktivitas, maka dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk dilakukan tindakan operasi atau pembedahan agar kista dapat terangkat.
Agar kita bisa terlepas dari yang namanya kista tidak cukup dengan mengkonsumsi obat obatan ataupun pembedahan, tapi juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat, agar tubuh kembali sehat.
Adapun bahan makan yang dapat mengurangi rasa sakit saat anda terkena kista ganglion ialah anda harus memperbanyak mengkonsumsi makanan dan buah buahan yang terdapat mineral serta tinggi vitamin di dalamnya .fungsinya untuk menetralisir bahan bahan kimia yang telah masuk kedalam tubuh. Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan akan melawan radikal bebas. Karena radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab kenapa kista bisa masuk kedalam tubuh kita.

Untuk itu bagi anda yang mengalami penyakit kista ganglion jangan diabaikan, segera lakukan pengobatan.
Bagi anda yang sedang mencari pengobatan kista tanpa jalur operasi  atau pembedahan anda bisa simak informasinya >> Cara Mengobati Kista  

Artikel terkait :

Tanda-Tanda Kista Ganglion yang Harus Anda Waspadai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar